Tips Kesehatan

Tips Memaksimalkan Manfaat Buah Bengkoang untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah bengkoang tidak perlu lagi diragukan. Umbi yang berwarna putih dan rasanya manis ini sering kali dijumpai di pasar. Ukurannya sangat beragam, dari yang kecil hingga besar.

Salah satu buah-buahan ini bukan hanya sekedar dikonsumsi sebagai camilan. Namun, khasiat utamanya adalah untuk kesehatan dan kecantikan. Sebut saja berbagai produk body lotion yang memakai bengkoang sebagai bahan utama.

Faktanya, untuk memanfaatkan bengkoang sendiri dapat menggunakan banyak cara. Bukan hanya dikonsumsi, tapi Anda dapat mengolahnya terlebih dahulu. Khasiatnya juga pastinya lebih efektif untuk kesehatan tubuh.

Beberapa Manfaat buah bengkoang untuk Kesehatan

manfaat-buah-bengkoang

Sebenarnya, umbi berwarna putih dan rasanya segar manis ini memiliki segudang manfaat. Beberapa manfaatnya dapat dirasakan secara langsung, misalnya melancarkan pencernaan. Namun, sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat lainnya.

1. Melancarkan Pencernaan

Bengkoang atau bengkuang pada dasarnya memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Serat sangat baik bagi organ pencernaan, terutama meningkatkan curah feses. Konsumsi serat yang cukup juga meminimalisir risiko sembelit.

Serat larut bernama oligofructose inulin mampu memberikan khasiat besar bagi saluran pencernaan. Bahkan, buah satu ini sering direkomendasikan oleh ahli gizi. Terutama jika sedang mengalami masalah kesulitan BAB.

Ada juga kandungan karbohidrat lembam yang sangat penting untuk beberapa pasien. Biasanya, pengidap diabetes sangat dianjurkan konsumsi bengkuang. Hal ini karena rasa manisnya tidak meningkatkan gula darah.

2. Sistem Kekebalan Tubuh

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa bengkuang memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi. Seperti yang sudah diketahui, Vitamin C sangat penting bagi tubuh. Perannya sebagai perangsang sel darah putih sangat diperlukan.

Sel darah putih memiliki peran untuk melawan bakteri dan virus yang menyerang tubuh. Vitamin C yang cukup akan secara tidak langsung meningkatkan kekebalan tubuh. Anda juga tidak akan mudah sakit.

Di sisi lain, konsumsi Vitamin C cukup akan meningkatkan imunitas tubuh. Perubahan cuaca ekstrem tidak akan terlalu berpengaruh. Bahkan, daya imun akan terus meningkat seiring waktu.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan Vitamin C pada bengkuang memang memiliki berbagai khasiat. Namun, kalium yang terkandung juga memberikan manfaat besar. Fungsinya mampu memperlancar peredaran darah dan menghilangkan penyumbatan pada pembuluh darah.

Adanya kalium juga membuat Manfaat buah bengkoang mampu meredakan stres pada sistem kardiovaskular. Ini sangat penting bagi Anda yang sering melakukan aktivitas berat di luar ruangan. 

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Tidak banyak orang tahu bahwa buah ini juga memiliki kandungan Vitamin B6. Vitamin B6 memiliki peran besar bagi kecerdasan kognitif seseorang. Kandungan tersebut akan merangsang sel otak untuk lebih aktif.

Selain itu, Vitamin B6 juga memiliki khasiat lain berupa mampu meningkatkan proses metabolisme tubuh. Efisiensi sistem organ dalam akan lebih baik sehingga semua fungsi dan proses metabolisme berjalan lancar.

5. Baik Bagi Tulang

Mineral penting seperti mangan, magnesium, hingga tembaga faktanya memberikan manfaat besar bagi tulang. Manfaat bengkuang ini telah lama diketahui melalui berbagai penelitian. Bahkan berapa produk olahan juga telah beredar.

Bagi anak usia remaja, kandungan tersebut sangat penting untuk memperkuat struktur tulang. Pertumbuhan tulang juga lebih cepat dengan konsumsi mineral-mineral tersebut. Sangat direkomendasikan untuk konsumsi rutin mingguan.

Bahkan, mineral tersebut juga efektif untuk memperbaiki tulang yang terluka. Pertumbuhan tulang baru juga dapat dipercepat ketika konsumsi bengkuang cukup. Wajar jika banyak orang menyarankan untuk konsumsi buah satu ini.

6. Cocok untuk Diet

Bengkuang merupakan buah rendah kalori. Artinya, makan banyak sekalipun tidak membuat penambahan berat badan. Selain itu, justru makanan rendah kalori akan memperkaya nutrisi baik bagi tubuh.

Dalam banyak penelitian, 100 gr bengkuang ternyata mengandung 35 kalori. Jika Anda ingin diet tapi tetap ingin makan, maka bengkuang dapat menjadi rekomendasi yang baik.

7. Baik Bagi Kulit

Mungkin, dari sekian banyak manfaat bengkuang, khasiatnya untuk kulit adalah yang paling banyak diketahui. Memang, banyak kandungan baik yang dapat menghaluskan, mencerahkan kulit, dan melembabkan kulit.

Anda pasti tahu bahwa hampir semua body lotion mengandung bengkuang sebagai bahan utama. Hal tersebut karena kandungan Vitamin C dan B6 yang baik bagi kulit.

Buah yang tumbuh di dalam tanah ini memang mengandung segudang manfaat. Khasiatnya untuk pencernaan telah teruji. Bahkan, Manfaat buah bengkoang untuk kulit juga telah dibuktikan melalui banyak produk kecantikan yang telah beredar.

Baca Juga:  Atasi Gejala Penyakit Anosmia dengan Penanganan Mandiri di Rumah

Baca Juga

Back to top button