Tips Kesehatan

Sudah Tahu Belum, ini Tips Begadang Sehat untuk Semua Orang

Tips begadang sehat menjadi salah satu hal yang cukup banyak membantu. Seperti yang diketahui, begadang memiliki segudang dampak negatif. Salah satu yang paling sering dialami adalah pola tidur tidak teratur.

Namun, ada kalanya seseorang harus tidur larut malam karena suatu hal, misalnya pekerjaan. Generasi muda yang masih duduk di bangku kuliah sering tidur larut malam karena mengerjakan tugas.

Melakukan pekerjaan hingga lembur juga menjadi salah satu alasan seseorang harus rela tetap terjaga di tengah malam. Namun, sebenarnya ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika ingin begadang sehat.

Beberapa Macam Tips Begadang Sehat

Untuk menyelesaikan pekerjaan, tidak jarang Anda harus tetap terjaga bahkan hingga lewat tengah malam. Beberapa tips ini setidaknya akan meminimalisir dampak negatif tidur larut malam.

1. Tidur Siang Lebih Dahulu

Jika sudah memutuskan untuk tidur larut malam, maka cobalah untuk curi waktu dengan tidur siang terlebih dahulu. Gunakan waktu sekitar 15 hingga 30 menit untuk tidur lelap.

Tidur siang memang menjadi salah satu cara efektif untuk menyegarkan tubuh. Biasanya, setelah bangun, Anda akan jauh lebih fresh. Sebisa mungkin setelah bangun langsung cuci muka.

Tidur siang ini mampu memberikan tabungan untuk aktifitas Anda di tengah malam nanti. Porsi tidur juga tidak terlalu berkurang dengan cara ini. Sesuaikan saja pola tidur siang dengan kebutuhan Anda.

2. Nyalakan Lampu

Perlu diketahui bahwa tubuh manusia sangat sensitif terhadap cahaya terang. Beberapa orang bahkan tidak akan bisa tidur ketika lampu kamar tetap menyala. Mata tetap aktif meskipun terpejam.

Menyalakan lampu dengan terang juga penting untuk menjaga mata tetap segar. Selain itu, jika aktifitas begadang Anda adalah mengerjakan tugas, maka cara ini cukup efektif.

Menyalakan lampu juga bertujuan menjaga kesehatan mata supaya tetap bekerja secara normal. Apalagi jika Anda membuka laptop, maka sebaiknya cara ini wajib untuk dilakukan setiap kali begadang.

3. Minum Kopi

Kopi memang dikenal sebagai teman karib ketika tidur larut malam. Namun, tidak baik jika mengkonsumsi minuman ini secara berlebihan. Sebaiknya, ketika ingin mengerjakan aktifitas malam cukup dengan 1 gelas kopi.

Minum kopi lebih dari 1 gelas ketika begadang biasanya menyebabkan hilang fokus. Kandungan kafein pada kopi cukup tinggi untuk membuat fokus Anda goyah. Batasi konsumsi kopi meskipun Anda menyukainya.

Biasanya, beberapa orang memilih untuk konsumsi kopi susu karena memiliki rasa lebih nikmat. Tips begadang sehat ini banyak dilakukan oleh para pekerja di kantor, terutama ketika sedang lembur.

4. Sediakan Air Putih

Air putih harus selalu ada di meja kerja Anda. Konsumsi kafein seperti kopi menyebabkan Anda sering buang air kecil. Untuk menghindari dehidrasi, maka perlu diseimbangkan dengan konsumsi air putih.

Selain itu, air putih memiliki khasiat untuk menyegarkan tubuh kembali. Ketika sudah merasa lelah, maka segera minum beberapa teguk. Tidak masalah menghabiskan beberapa botol selama tubuh tetap segar.

Di sisi lain, konsumsi air putih bermanfaat untuk menjaga suhu tubuh. Begadang membuat suhu tubuh naik secara bertahap. Itulah mengapa biasanya saat tengah malam badan terasa lebih panas.

5. Sediakan Camilan Ringan

Begadang tidak akan lengkap tanpa adanya camilan ringan. Namun, jangan memilih camilan dengan kandungan karbohidrat tinggi. Karbohidrat hanya akan membuat tubuh merasa letih dan akhirnya mengantuk.

Camilan terbaik adalah yang mengandung protein tinggi seperti keripik, kacang-kacangan, dan sebagainya. Lebih baik lagi jika menyediakan beberapa potong buah segar. Jangan lupa juga menyediakan yoghurt jika ada.

Biasanya, beberapa orang lebih memilih keripik pedas sebagai teman saat melakukan aktifitas tengah malam. Kamu dapat menerapkan tips begadang sehat ini ketika sedang mengerjakan tugas atau lembur karena pekerjaan.

6. Jangan Lupa Bergerak

Sering-seringlah bergerak ketika terpaksa harus begadang. Melakukan gerakan sederhana seperti meregangkan punggung dapat mengembalikan fokus. Membunyikan jari-jari tangan juga jadi salah satu pilihan terbaik untuk relaksasi sederhana.

Jika rasa kantuk sudah menyerang, ada baik berjalan sebentar. Pergi ke dapur untuk mengambil beberapa minuman atau camilan. Kemudian kembali mengerjakan pekerjaan dan segera menyelesaikannya sehingga bisa segera beristirahat.

Begadang memang tidak baik bagi tubuh karena merusak beberapa organ dalam. Namun, terkadang memang harus tidur lebih malam karena pekerjaan. Tips begadang sehat ini setidaknya dapat membantu Anda tetap sehat.

Baca Juga:  Jaga Kesehatan pada Mata dengan Mewaspadai Berbagai Penyakit

Baca Juga

Back to top button