Tips Kesehatan

Macam-macam Sayuran Penambah Darah Bagi Penderita Anemia

Anemia atau kekurangan darah dapat diatasi, salah satunya mengonsumsi sayuran penambah darah dalam waktu rutin. Kondisi anemia mengganggu konsentrasi bahkan membuat penderitanya memiliki penampilan pucat, rentan pingsan jika tidak diatasi segera.

Sudah tersedia banyak obat anemia di pasaran, namun selama bisa mengatasi dengan alami, kenapa tidak dilakukan? Sayur sebenarnya bukan hanya bagus bagi penderita anemia, namun juga baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya melancarkan sistem pencernaan.

Sayur juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh sekaligus menjadi sumber makanan berserat tinggi. Kebanyakan untuk mengatasi anemia ini menggunakan sayuran hijau. Kenapa? karena mengandung zat besi tinggi yang dibutuhkan tubuh saat kekurangan darah.

Penyebab anemia bisa beragam, bahkan mudah terjadi pada ibu hamil terutama di masa-masa tua kehamilan. Ibu hamil biasanya diberi suplemen penambah darah supaya bayi mendapatkan asupan nutrisi sesuai dengan kebutuhan dan ibu tetap sehat bugar selalu.

4 Macam Sayuran Penambah Darah

Ada banyak jenis sayur untuk memenuhi kebutuhan darah manusia, kami akan membahas 3 diantaranya dengan penjelasan kandungan baik di dalamnya. Sayur mayur ini kerap Anda jumpai dalam keseharian, diantaranya:

1. Bayam

Tidak mengejutkan sama sekali ketika bayam dinobatkan menjadi sayuran penambah darah karena memiliki kandungan zat besi tinggi yang dibutuhkan tubuh. Bahkan dalam 100 gram bayam memiliki kandungan zat besi lebih banyak dari kandungan zat besi pada 100 gram salmon maupun daging.

Bukan hanya bagus untuk kelancaran pencernaan, kandungan karotenoid pada bayam juga bermanfaat untuk menjadi antioksidan tubuh. Antioksidan sendiri peranannya menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh berbagai hal, bisa karena polusi maupun makanan.

Asupan vitamin c terkenal biasanya dari jeruk, namun bayam juga memiliki kandungan baik tersebut. Vitamin c terkenal baik untuk menyehatkan tubuh, menjaga kebugaran tubuh, dan membuat kondisi tetap prima untuk menjalani kegiatan rutin.

2. Brokoli

Brokoli terkenal sebagai sayuran sehat yang juga ternyata menjadi penolong bagi penderita anemia. Sebanyak 6 persen kebutuhan zat besi harian tubuh dapat terpenuhi secara baik dengan adanya konsumsi 154 gram brokoli setiap harinya.

Kandungan bermanfaat dalam brokoli lainnya ada asam folat, kalsium, dan juga vitamin k. Sesuai dengan bentuknya, brokoli dan kembang kol memiliki garis gen yang sama. Manfaat baik dari sayuran penambah darah ini bahkan juga berfungsi untuk menangkal kanker.

3. Kale

Kale mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, diantaranya vitamin k, vitamin c, kalsium, antioksidan, serta serat yang bagus untuk melancarkan pencernaan. Kandungan antioksidan berperan sebagai detoks sehingga berbagai racun dapat terbuang dari tubuh.

Racun dalam tubuh bisa datang atau disebabkan oleh adanya paparan radikal bebas dari berbagai sumber. Salah satunya makanan, jika tidak detoks maka sel-sel tubuh akan rusak dan menimbulkan banyak penyakit, salah satunya kanker pada beberapa organ penting.

Kale bahkan bukan hanya menjadi sayuran penambah darah untuk penderita anemia, namun juga menjaga kesehatan jantung. Lengkapi pencegahan sakit jantung dengan sedikit konsumsi garam supaya terhindar dari hipertensi serta berbagai penyakit kardiovaskuler lainnya.

4. Kangkung

Kangkung juga termasuk ke dalam salah satu sayuran penambah darah lainnya yang baik bagi penderita anemia. Kandungan zat besi tinggi memicu tubuh memproduksi sel darah merah sehingga seseorang akan terhindar dari ancaman penyakit karena kurang darah.

Tidak sulit untuk menemukan kangkung bahkan harganya cenderung murah dibandingkan berbagai sayuran lainnya. Kangkung terbagi atas dua jenis, pertama ada kangkung air, kedua kangkung darat yang khasiat dan manfaatnya sama-sama baik terhadap penderita anemia.

Selain mengandung zat besi, kangkung juga kaya akan kandungan kalium dan mangan guna memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Kangkung paling banyak mengandung kalsium dan juga magnesium yang dapat membantu kesehatan tulang manusia.

Kangkung selain baik bagi penderita anemia juga memiliki manfaat bagus untuk kesehatan mata, meningkatkan kinerja otak, menjaga fungsi hati, mengurangi sariawan, menyehatkan jantung, dan banyak lagi lainnya. Namun, kangkung kurang baik bagi penderita asam urat.

Tidak sulit untuk mendapatkan berbagai sayuran hijau di atas, Anda bisa membelinya dari tukang sayur pinggir jalan hingga supermarket. Sayangi tubuh dan cegah anemia dengan konsumsi sayuran penambah darah secara rutin.

Baca Juga:  Ingin Tau Cara Menghitamkan Rambut dan Lebat? ini dia Caranya

Baca Juga

Back to top button