Tips Kesehatan

Cara Jitu Mencegah Terjadinya Malnutrisi pada Lansia

Malnutrisi pada lansia merupakan suatu hal yang wajar. Namun, tetap saja jika bisa dicegah atau diminimalisir maka wajib diupayakan. Sebab, selama masih bernafas, setiap manusia berhak hidup dengan layak.

Kondisi kekurangan nutrisi ini membuat seseorang mengalami gizi buruk yang menyebabkan kondisi tubuh tidak lagi prima. Tubuh pada dasarnya membutuhkan karbohidrat, vitamin, protein, mineral, dan zat gizi yang cukup, tidak kekurangan maupun tidak berlebihan.

Orang yang mengalami gizi buruk tidak selamanya ditandai dengan kondisi tubuh kering kerontang. Bisa juga ditandai dengan kelebihan berat badan atau obesitas karena adanya asupan tidak seimbang dari berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh tadi.

Salah satu faktor penyebab malnutrisi pada lansia karena konsumsi makanan tidak bergizi. Sebenarnya pada lansia menjadi sangat rentan sebab sistem metabolisme mulai berubah seiring dengan pertambahan usia. Faktor hormon juga mempengaruhi kondisi tubuh yang kian menurun.

3 Cara Mencegah Malnutrisi pada Lansia

Meskipun usia tua menjadi alasan mudah bagi seseorang terkena gizi buruk, bukan berarti tidak bisa melakukan pencegahan sedari dini. Pencegahan bahkan dilakukan untuk memberi kehidupan layak terhadap para lansia dalam jangka waktu lama.

JIka pada usia mudanya lansia mampu menjaga pola hidup sehat, sebenarnya pada saat tua kondisinya tidak akan begitu menurun. Namun, bagaimanapun menjaga kesehatan, sistem tubuh memang perlahan akan berkurang seiring waktu.

Pertambahan usia adalah hal pasti, namun penurunan kesehatan itu opsional, tergantung bagaimana setiap orang menjaganya sepanjang waktu. Setidaknya ada 3 cara untuk mencegah gizi buruk pada lansia, diantaranya:

1. Konsumsi Makanan Bergizi Tinggi

Kebutuhan kalori usia tua jauh lebih sedikit dibandingkan usia muda. Dasar ini harus dipahami sehingga ketika Anda bertugas untuk merawat orang tua, ada baiknya jumlah kalori dikurangi dan asupan nutrisi lainnya dimaksimalkan.

Ketika lansia mengalami penurunan nafsu makan, hal tersebut wajar adanya. Bukan harus memaksa mereka memakan makanan yang sudah disediakan, namun jenis makanannya yang harus menyesuaikan dengan selera lansia. 

Dalam hal ini penting sekali terlebih utama memperhatikan kandungan nutrisi sesuai kebutuhan, baru kemudian diolah menjadi makanan sesuai selera lansianya. Mengurus lansia memang tidak ubahnya seperti kembali Anda mengurus bayi.

2. Konsumsi Camilan Sehat

Setiap orang pasti bukan hanya makan berat, namun juga membutuhkan asupan camilan untuk mengisi waktu luang. Karena malnutrisi pada lansia cukup rentan maka asupan camilan juga wajib diperhatikan, pastikan yang benar-benar sehat dan bebas pengawet.

Buah, roti gandum, dan jus merupakan pilihan camilan sehat yang tepat untuk membuat tubuh terpenuhi nutrisinya. Peranan camilan ini amat penting, terutama ketika nafsu makan makanan berat terganggu sebab kurangnya selera.

Pemberian cemilan pada lansia paling tepat diantara waktu makan dalam jangka waktu tepat. Pemilihan rentang waktu tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh ini berguna untuk menjaga selera makan pada lansia. Jika terlalu banyak ngemil juga tidak baik, apalagi jika efeknya malah tidak mau makan.

3. Konsumsi Suplemen

Memilih suplemen yang tepat bagi setiap orang tergantung pada kondisi kesehatan tubuhnya masing-masing. Untuk itu, sebaiknya sebelum meminum suplemen ada baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan melakukan pemeriksaan detail.

Sekarang ini tidak sulit melakukan konsultasi dokter, secara daring juga bisa melalui video call atau pesan singkat. Asalkan lansianya mampu menjelaskan kondisi detail tubuh maka dokter akan memberi jawaban sekaligus memberi penanganan tepat sesuai diagnosa.

Jika resep suplemen hasil konsultasi sudah didapatkan maka untuk selanjutnya tinggal membeli tanpa konsultasi kembali. Memasuki usia tua, banyak fungsi tubuh yang memang menurun. Tidak heran jika dibutuhkan suplemen untuk menjaga tubuh tetap bugar.

Memasuki usia tua, biasanya ada susu khusus lansia yang memiliki kandungan pengganti nutrisi tubuh. Upaya untuk selalu bugar pada usia tua memang harus lebih besar ketimbang pada saat muda. Salah satunya karena sistem keseluruhan tubuh yang kian menurun.

Sudah banyak suplemen yang dijual bebas, namun ada baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Setelah mendapatkan pemeriksaan menyeluruh, baru kemudian kondisi malnutrisi pada lansia dapat diatasi secara tepat dengan tindakan akurat.

Baca Juga:  Deteksi Jenis Penyakit Autoimun Secepatnya agar Tidak Semakin Parah

Baca Juga

Back to top button